Desa Merdeka – Jakarta : Banyak orang kemungkinan bakal sepakat bahwasannya kunci kesuksesan sebuah usaha tidak bisa sepenuhnya bergantung pada kualitas produk atau jasa. Ada faktor lain-lain yang juga sangat menentukan sukses atau tidak sebuah usaha.

Strategi pemasaran menempati tempat kedua faktor terpenting keberhasilan sebuah usaha, setelah faktor produk. Sebagus dan seunik apa pun produk yang hendak Anda jual, tidak akan ke mana-mana apabila strategi pemasaran yang Anda terapkan kurang jitu.

Bahkan, saking penting posisi strategi pemasaran dalam satu usaha, tidak sedikit usaha yang mampu berkibar kendati sebenarnya produk mereka biasa-biasa saja. Hal itu tak lain karena dukungan strategi pemasaran yang cerdas.

Nah, ketika kini Anda sudah memantapkan hati menjadi seorang pengusaha, pastikan Anda sudah menyiapkan banyak amunisi dalam menaklukkan pasar.

Menurut Khoerussalim Ikhsan, konsultan wirausaha dan waralaba, strategi pemasaran adalah jantung dari sebuah usaha. “Semua orang bisa saja memproduksi barang atau jasa, tapi tidak semua orang mampu menjual,” kata dia.

Posisi produk dan strategi pemasaran sama-sama penting menjadi perhatian utama para usahawan. Kedua faktor tersebut harus bisa berjalan beriringan sehingga tujuan utama usaha yakni menciptakan omzet dan untung, dapat tercapai.