Desa Merdeka – Ambon.
Pasangan Calon Gubernur Maluku Herman Kudubun dan Wakilnya Abdulah Vanath yang akronim Hebat sebagai Pasangan periode 2018-2023 dipastikan maju dalam pesta demokrasi Pilkada Gubernur.
Menurut Salah satu anggota Tim yang di jumpai di Posko Pasangan Hebat hari ini selasa 24/10/2017 , dengan sapaan pa Rudy Maloky menyatakan bahwa;

Hari ini secara resmi pasangan Herman Andrian Koedoboen dan Abdullah Vanath (HEBAT) mengumumkan diri untuk maju sebagai Calon Kandidat Pada Pilkada Maluku melalui jalur perseorangan atau independen.

Sebuah langkah berani (progresif) yang terhitung baru dalam tradisi politik di Maluku.

Pilihan atas jalur independen ini karena: Rakyat harus ditunjukkan bahwa tidak mesti setiap Calon Gubernur diusung oleh parpol. Rakyat harus diberitahu bahwa Keputusan-keputusan Parpol tidak selalu merupakan manifestasi kepentingan rakyat. rakyat harus paham bahwa tidak ada beda antara kandidat independen dan kandidat parpol. ^Keduanya dijamin Undang-Undang Negara^.
Menurutnya Tim pasangan hebat sudah memastikan
pilihan Jalur independen adalah reaksi atas masifnya gelombang dukungan rakyat yang sejak tiga minggu yang lalu bekerja dengan mandiri dan atas inisiatif sendiri telah mengumpulkan puluhan ribu KTP dan surat pernyataan sebagai syarat bagi kandidat HEBAT menempuh jalur independen.

Jalur independen adalah pilihan ratsional dengan banyak keunggulan :

Pertama, Kandidat Hebat tidak lagi terbebani oleh “mahar” partai yang konon sampai miliaran rupiah itu. ” Mahar “partai itu pula yang akan menjadi penyebab banyak Gubernur bertindak Koruptif, dan menjadikan APBD sebagai bancakan.
Akibatnya rakyat menjadi miskin dari politik transaksional antara birokrasi dan partai politik.

Kedua, Rakyat menjadi ujung tombak kemenangan. selama ini urusan politik menjadi jauh dari rakyat. konsekuensinya rakyat tidak dilibatkan. rakyat hanya menjadi objek atas kepentingan sesaat kandidat Gubernur dari Parpol.

Ketiga, Rakyat pada setiap kelas sosial, mulai dari tukang becak, mahasiswa, pegawai swasta, petani, nelayan, pengangguran, tukang ojek, penjual sayur, berpartisipasi mendorong kehadiran pasangan Hebat melalui KTP dan surat pernyataan dukungan. tentu saja dukungan rakyat ini adalah modal paling besar bagi Hebat untuk memenangkan pilkada.

Keempat, rakyat yang langsung bertindak sebagai suksesor pasangan Hebat. Rakyat yang menjadi pemegang ratusan ribu KTP itu secara langsung akan menjadi suksesor utama.

Kelima, Subjek dan objek politik berada di tangan Rakyat. bukan lagi diambil alih oleh partai politik. Pemilik demokrasi bangsa Indonesia ada ditangan rakyat.

Jalur independen pada akhirnya akan memberikan pelajaran politik yang baik bagi rakyat Maluku. Jalur independen pula yang akan menjadi jawaban atas ketidakpercayaan publik terhadap elit politik.

^Pasangan hebat dengan calon Gubernur Herman kudubun kader PDI Perjuangan yang awalnya telah mendaftar dibeberapa partai politik termasuk partainya sendiri PDIP bersama pasangan Abdulah Vanath sebagai calon Wakil Gubernur telah meyakini mendapat rekomendasi PDIP dan partai lainnya .
Keyakinan itu didasari
Pada data survei baik indo barometer maupun hasil survei lainnya dimana Pasangan Hebat mampu memenangkan petahana SA dibandingkan bakal calon lainnya seperti Barnabas Orno, Murad Ismail , maupun Tagop Solissa yang hasil surveinya dibawah Herman Kudubun bersama Abdulah Vanath.(pasangan Hebat).
Untuk itu menurut Rudy Maloki salah satu Tim Hebat kalau partai-partai tidak mau mengusung pasangan Hebat dipertanyakan integritas dan kwalitas perjuangan kepada rakyat Maluku.
Karena kalau partai sebagai pilar demokrasi sekaligus pengendali hulu politik sudah tidak realistis terhadap pasangan Hebat dengan calon Gubernur Herman Kudubun yang punya track record dalam dunia birokrasi Kejaksaan yang mencapai karier puncak di gedung kejaksaan Agung maupun sebagai mantan Kejati Gorontalo , mantan Bupati Maluku Tenggara sebetulnya masyarakat tidak meragukan lagi kwalitasnya bersama Wakilnya Gubernur mantan bupati SBT dua periode.

Pantauan kontributor desa merdeka dibeberapa kabupaten rakyat tidak segan-segan membawa KTP secara sukarela . Di Maluku Tengah tokoh masyarakat yang diwawancarai meminta tidak menyebut namanya mengatakan bahwa harapan kami rakyat di Maluku Tengah sementara menunggu pa Herman Kudubun dan pa Abdulah Vanath memimpin dan membangun negeri raja-raja ini untuk mengembalikan hak -hak adat dalam kerangka membangun peradaban Maluku untuk Negeri kita Indonesia .