Desa Merdeka – JAKARTA : ‎Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar mengatakan, kepala desa (kades) adalah tumpuan dalam rangka pembangunan desa. Dirinya pun meminta para kades fokus kerja membangun daerahnya untuk kesejahteraan rakyat.

“Para kepala desa tidak boleh terprovokasi oleh isu yang tidak jelas, lebih baik fokus pada pembangunan desanya masing-masing,” kata Marwan, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (25/3/2016).

Marwan yang pada hari ini bertemu dengan seluruh kades se-Kabupaten Magelang, menekankan bahwa dana desa yang disalurkan pemerintah harus dipergunakan untuk pembangunan desa. Di mana arah pembangunannya harus bisa dirasakan masyarakat.

‎”Prioritas penggunaan dana desa untuk tiga hal,‎ infrastruktur dasar, sarana dan prasarana sosial dasar, dan untuk pengembangan ekonomi masyarakat‎,” ujarnya.

Menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, para kades tak perlu khawatir karena dirinya akan menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan aspirasi mereka selama untuk kepentingan masyarakat.

“Saya akan tetap perjuangkan agar dana desa di transfer satu kali dan langsung ke rekening desa. Dana desa akan turun bulan April antara Rp700-800 juta per desa‎,” katanya. |okezone.com|