Desa Merdeka – Batang : Sejak diresmikannya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada bulan Juli 2016 lalu di Kabupaten Batang, hingga saat ini keberadaan BUMDes di Kabupaten Batang baru bisa terealisasi 102 unit saja. Sehingga masin ada 137 unit BUMDes yang belum bisa terealisasikan.

Kepala Bapermasdes Batang Drs Tulyono Msi mengatakan, pendirian BUMDes di Kabupaten Batang terbilang cukup lamban. Hal itu terlihat hingga akhir tahun 2016 ini keberadaan BUMDes belum bisa didirikan di seluruh Desa di Kabupaten Batang.

“Dari 239 desa yang ada di Kabupaten Batang, baru ada 102 BUMDes yang melaporkan keterbentukannya. Sementara 137 desa lainnya belum melaporkan ada pembentukan BUMDes di desanya. Padahal kita  sudah menargetkan, akhir tahun 2016 BUMDes sudah terbentuk di semua desa Kabupaten Batang,” ujar Tulyono usai menghadiri acara seminar yang di selenggarakan di aula Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, Kamis (22/12).

Dengan kondisi yang ada, maka target yang ditetapkan sampai dengan akhir tahun ini kemungkinan tidak bisa terealisasikan. Untuk itu, pihaknya akan mengupayakan untuk bisa merealisasikan sampai dengan tahun mendatang. “Sudah tidak mungkin, sampai dengan akhir tahun bisa terealisasikan. Akan saya upayakan pada tahun 2017 mendatang. Semoga BUMDes bisa terbentuk di seluruh desa Kabupaten Batang,” ucapnya.

Dijelaskan juga oleh Tulyono, bahwa kendala dari belum terbentuknya BUMDes di semua desa akibat kurangnya perhatian dan kepedulian dari Kepala Desa. “Padahal dari pihak Kecamatan dan Bapermasdes sudah menginformasikan, bahkan langsung turun ke lapangan. Namun karena ketidak pedulian dari tiap Kepala Desa, akhirnya BUMDes ada yang belum bisa terbentuk,” tandasnya.

Pada tahun 2017 nanti, lanjut Tulyono, Dana Desa (DD) bisa digunakan pada BUMDes, karena terkait dengan adanya prioritas warga desa. Dana Desa tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk sarana prasarana, operasional dan permodalan. Untuk besaran nominal yang dapat digunakan, bergantung dari biaya pemberdayan yang digunakan untuk semua kegiatan yang ada di desa dan diantaranya diambilkan untuk BUMDes. (Radar Pekalongan)

Foto : Kepala Bapermasdes Batang Drs Tulyono Msi saat menjadi narasumber pada kegiatan seminar yang diselenggarakan di aula Kecamatan Tulis, Kamis (22/12) | M Dhia Thufail