Desa Merdeka – Ambon : Kuliah Umum Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli tanggal 28 Mei 2016 di Universitas Pattimura Ambon Maluku dianggap Mahasiswa asal Maluku Barat Daya, Maluku Tengggara Barat, dan Maluku Kepulauan Aru tidak bermanfaat malahan membuat mereka pulang dengan kesal, disamping itu tidak diberikan ruang dan kesempatan bertanya dalam kuliah tersebut.

Kuliah umum dengan mengambil tempat di Audotorium Unpatti tersebut menghadirkan berbagai Elemen Mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Maluku dengan beberapa Pembicara dari Unpatti dan Ibu Enggelina Pattiasina. Kekecewaan tersebut disampaikan Ketua Organisasi Mahasiswa MBD se Maluku Sdr Estepanus Termas kepada Desa Merdeka setelah usai Kuliah Umum tanggal 28 Mei 2016.

Dijelaskan selanjutnya bahwa Paparan Menteri bersama pembawa materi lainnya sama sekali tidak menyentuh substansi masalah disekitar peranan utama dua kabupaten yaitu Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) di area eksloitasi Blok Masela.

Menurutnya mahasiswa Unpatti lebih khususnya Mahasiswa MBD yang berada di Universitas Pattimura, UKIM, Poltek, sangat kesal dengan Kuliah umum yang di selengarakan oleh pihak Universitas Pattimura yang menghadirkan Menteri Koordinator Kemaritiman Dr. Rizal Ramly sebagai pemateri dan yang bertindak sebagai Moderator adalah Prof.Dr. Bob Mosse dan juga turut hadir Wakil Gubernur Maluku, Ibu Enjelina Pattiasina, Rektor Universitas Pattimura bersama semua dosen dan pegawai Unpatti, pegawai-pegawai se kota ambon dan para mahasiswa di universitas pattimura maupun sekolah tinggi yang ada di kota ambon di perkirakan jumlah peserta yang ikut kuliah umum berjumlah 1.000 lebih yang ikut serta dalam kuliah umum tersebut.