Desa Merdeka – Bitung : Dalam upaya menjaga keamanan lingkungan masyarakat, Pemerintah kota Bitung melalui Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, di Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari, mencanangkan Gerakan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Adanya Gerakan Siskamling dan masyarakat yang sepenuhnya memanfaatkan Siskamling, kedepan menurut Mantiri akan mampu menjamin kesejahteraan dan keamanan masyarakat sekaligus akan menunjang program Pemkot Bitung sebagai kota pariwisata.

“Gerakan ini diharapkan dapat menjamin keamanan kota Bitung sebagai Kota pariwisata terutama untuk kenyamanan wisatawan lokal dan mancanegara,” pungkas Maurits. Beliau menghimbau kepada para Kepala Lingkungan dan Rukun Tetangga, supaya mampu memikul tanggung jawab dengan sungguh-sungguh.

Wawali Bitung mengharapkan kearifan lokal ini dapat memupuk rasa kebersamaan sebagai bentuk kekompakkan di Kota Cakalang, sembari meminta pihak Kepolisian Kota Bitung untuk dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kota Bitung menjadi lebih baik (FHM/MDC).