Desa Merdeka – Ambon : Korwil PDIP Indonesia Timur Komarudin Watubun (KW) yang juga anggota DPR fraksi PDIP  kehadirannya di Maluku merusak citra partai  moncong putih berlambang banteng PDIP karena mementingkan Politik Uang  dengan mempergunakan keluarganya memeras berbagai kandidat dengan menjanjikan berbagai jabatan sesuai kemauannya.

Pekerjaan yang dilakukan Korwil PDIP KW yang sering mondar mandir di Maluku membuat keresahan para kader karena kepentingan pribadinya sangat dominan dibandingkan kepentingan partai. Hal tersebut dilakukan oleh KW dan keluarganya  bersama kelompoknya tanpa melalui mekanisme partai. Seolah-olah partai berlambang banteng tersebut sudah menjadi milik pusaka dengan keluarganya dan kelompoknya.

Diduga Kelompok yang bergabung dengannya karena KW dianggap sebagai penguasa Partai yang bisa mengatur sesuka dengan catatan bisa bagi-bagi jabatan.  Hal tersebut disampaikan oleh beberapa kader kepada kontributor Desa Merdeka yang menyebabkan terjadi percakapan yang sangat menarik. Menariknya para kader menginginkan agar   PDIP di Maluku harus berjalan diatas konstitusi Partai maupun roh perjuangan partai karena yang dilakukan KW melenceng dari garis perjuangan partai sebagai partai wong cilik.