Desa Merdeka – Bekasi : Sejumlah Kepala Desa didapati secara terang-terangan ikut terlibat sebagai Tim Sukses (Timses) petahana (Incumben) Neneng Hasanah Yasin-Eka Supriatmaja, yang juga Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Kepala Desa tersebut, ikut terlibat dalam arak-arakan kubu ‘Neneng Yes’ ke Kantor KPUD Kabupaten Bekasi, dengan mengenakan baju berwarna kuning, diantaranya Kades Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara Asep Mulyana, Kades Sukaraya, Heriyadi, Kades Karanganyar Aryani, Kecamatan Karang Bahagia.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi, Zuli Zulkifli mengatakan dalam peraturan yang berlaku, Kepala Desa dilarang untuk terlibat dalam politik.

“UU 10 tertulis Kepala Desa dan aparatnya dilarang ikut (Berpolitik), ada kemarin gua usir, kalo bisa jangan ikut karena kepala desa itu dilarang, aparatur (Desa dilarang, kalo BPD tidak ada larangan dalam undang-undang, berarti kan boleh,” kata dia saat dihubungi, Kamis (22/9/2016).

Kendati demikian, pihaknya mengaku tidak bisa berbuat apa-apa, lantaran Tupoksi BPD hanya pengawasan Kinerja Desa. “Kalau terkait Pemilu, Partai Politik, kita gak ada kewenangan, itu kewenangan panwaslu murni. Artinya kita kepada tupoksi pemerintahan desa,” bebernya.

“Yang pasti kepala desa dan aparatnya, aparatnya itu kaur pak, kepala urusan, kepala dusun itu aparatur pemerintah desa gak boleh,” sambungnya.

Dengan itu, Zuli berharap agar Kepala Desa mentaati aturan yang berlaku. “Kita berharap bahwa Kepala Desa, aparaturnya jelas-jelas dilarang oleh Undang-Undang 10, momen pilkada kita berharap jangan ikut terlibat dalam prosesi pelaksanaan pilkada 2017 bahwa itu dilarang, siapapun itu kita harus sampaikan,” harapnya.

Namun, ketika disinggung adanya BPD yang ikut terlibat dalam Tim Sukses Bupati Petahana, dirinya mengaku bahwa BPD diperbolehkan mendukung lantaran tidak adanya aturan yang melarang.

“BPD berpolitik aturannya di perbolehkan, untuk BPD ya bukan Forum. Artinya bukan diperbolehkan tapi belum diatur. Kalo AD/ART Forum lebih kepada struktur bukan larangan,” ujar Ketua BPD Cipayung, Cikarang Timur ini

“Lo kan tau kan gua mau masuk dunia perpolitikan, gua kan dukung neneng, pak kalo berhasil masa elu gua¬† tinggalin,” ungkapnya. |KABARSEBELAS.COM|