Desa Merdeka – Banyumas : Pondok Pesantren Bani Rosul Asuhan Mbah Zen Paman Gus Syaifullah Ali Ketua GP Ansor Jawa Tengah. Duduk dengan bersahaja berdialog dengan DPW Petani Jawa Tengah seputar Biogas, Pertanian Cabai, Budidaya Lele dan Jamur Merang bersama Santri dan Gus Misbah.

Banyak hal tentang pemberdayaan Santri di Bidang Pertanian di lakukan dengan berbagai kemandirian. Kegiatan banyak dilakukan di sela-sela mengaji Kitab dan kitab suci. Banyak Hal dilakukan sebagai bentuk kearifan lokal melalui kelompok tani gunung Slamet. Beberapa persoalan pemasaran diperbincangkan untuk mencapai solusi lebih baik . Disamping itu bagaimana melakukan perawatan yang lebih baik tentang budidaya lele dan jamur yang dilakukan secara berdikari, bertahap dan penuh kemandirian. Diharapkan Santri selesai dari pondok memiliki berbagai pengetahuan yang cukup sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat.

Banyak hal yang dilakukan dalam menuntut ilmu,bahkan tidak tertinggal dengan perkembangan jaman. Di ujung pondok terlihat pengolahan kotoran binatang menjadi Biogas dan beberapa tempat pengembangan kolam lele untuk pembenihan dan pembesaran. Dialog juga membahas persoalan persatuan dan kemanunggalan bangsa Indonesia dengan berbagai bentuk kepotong royong an . Kalimat kalimat itu beliau sampaikan dengan kalimat lembut dan berisi. Sebenarnya dialog sangat menarik namun karena keterbatasan waktu dan kegiatan serta jadwal yang ketat.

 

Penulis : Dumadi Tri Restiyanto