dahakloryDesa Merdeka-Maluku.Seperti diberitakan media Desamerdeka tanggal 21 Oktober 2014 tentang dugaan “Gratifikasi Kabid Bimas Kristen Ala Perpuluhan “ dimana terjadi pemotongan uang pada guru –guru Honor ,maupun guru pegawai Negeri sipil serta uang sertifikasi .Pemberitaan tersebut membuat masyarakat maupun para pejabat dilingkungan kementrian agama provinsi Maluku maupun Kabupaten kota mengharapkan dapat dituntaskan maupun dijelaskan oleh Kabid Bimas Kristen. Kontributor “desamerdeka”dan “koruptorindonesia” bertatap muka dengan Kabid Bimas Kristen pada tanggal 20 November 2014, dimana dijelaskan bahwa Permasalahan permintaan bantuan dari para guru maupun dari mitra kerja jangan dikaitkan dengan jabatannya sebagai kepala Bidang Bimas Kristen,tetapi itu adalah masalah hubungan Pribadi yang selama ini saling mengenal dalam tugas kesehariannya sebagai mitra kerja.Apalagi hal itu bukan secara paksaan tetapi secara sukarela.
Untuk itu Kabid Bimas Kristen mempergunakan hak jawabnya menjelaskan secara tertulis sebagai berikaut :
1.Kepala Bidang Bimas Kristen Kanwil Kementrian Agama Provinsi Maluku tidak melakukan tindakan berdasarkan kewenangannya meminta perpuluhan atau sepersepuluh dari gaji guru-guru dibawah kementrian Agama kota Ambon dan Maluku Tengah secara khusus sekolah dil;ingkungan kementrian Agama.
2. Kepala Bidang Bimas Kristen tidak pernah menginstruksikan dan mewajibkan guru-guru PNS dibawah kementrian Agama menyerahkan dana penyuluh dengan menyodorkan daftar penerimaan dana tanpa memberikan uangnya karena setiap Penerimaan dana,dibayarkan oleh Negara langsung kepada penerima melalui rekening masing-masing Penerima,tidak melalui kepala Bidang ataupun Juru bayar di kantor.
3. Kepala Bidang Bimas Kristen tidak pernah menginstruksikan dan melakukan pemotongan Uang iSertifikasi guru Agama,karena Pembayaran Tunjangan Sertifikasi dibayarkan pada kantor Kementrian Agama wilayah Kabupaten/Kota.
4. Penjelasan Khusus : Dalam hal permintaan perpuluhan,persembahan Kasih dan Janji Iman yang disampaikan kepada setiap orang yang memiliki kemitraan termasuk Lembaga pemerintah,Swasta,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang beragama Kristen,Rekan kerja serta sahabat yang tersentuh hati member uluran tangan berdasarkan Prinsip Kerelaan,kemampuan dan ketulusan,diharapkan tidak dikaitkan dengan kapasitas kami sebagai Pejabat Bimas Kristen dan Satuan Kerja Bimas Kristen tetapi selalu kami tegaskan kepada semua mitra bahwa langkah ini diambil dalam kapasitas sebagai Pribadi Pdt Nikodemus Dahaklory,yang sementara ini sedang memerlukan uluran tangan kasih untuk suatu Pergumulan Pribadi ,sehingga bila ada guru yang pernah menyampaikan uluran tangannya merasa dirugikan dan menghubungkannya dengan pekerjaan dan jabatan,maka secara pribadi dengan tulus hati kami siap mengembalikan Pemberian Persembahan Kasih saudara untuk menghindari salah penafsiran dari pemahaman sebelumnya,demi terciptanya Kemitraan yang terbina selama ini. Teriring Salam dan Doa.

Hormat Kami
Kepala Bidang Bimas Kristen
Tanda tangan
N.Dahoklory,S.PAK,M.Si
NIP : 19640611199303 1001

dahaklory

KABID BIMAS KRISTEN PROVINSI MALUKU

PDT. NIKODEMUS DAHAKLORY S.PAK,M.Si