Desa Merdeka – Jakarta : Semangat pemberantasan pungutan liar (pungli) di bawah kepemimpinan Kabinet Kerja tampaknya semakin gencar dilakukan. Bahkan melalui akun Facebook Presiden Joko Widodo, orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut sampai mempublikasikan akses situs pelaporan pungli di SaberPungli.id.

Melalui situs itu, Presiden Joko Widodo mengatakan jika masyarakat Indonesia dapat melaporkan praktik pungli, khususnya di instansi atau lembaga pemerintahan.

“Kalau melihat atau mengalami PUNGLI, lapor langsung ke website: www.saberpungli.id,” tulis Jokowi di akun Facebooknya, Jumat (21/10/2016).

Selain media situs, Presiden juga memberikan kontak aduan yakni melalui sambungan telepon atau layanan SMS center. Bahkan Presiden juga mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir, karena identitas pelapor akan dirahasiakan.

“Atau SMS ke 1193 atau telepon call center 193. Identitas pelapor dirahasiakan,” sambungnya.

Respon Positif Netizen

Upaya baru Presiden Joko Widodo ini pun tampaknya disambut baik oleh masyarakat. Melalui akun sosial media meraka masing-masing, netizen pun mengaku gembira dengan munculnya fitur aduan praktik pungli ini.

Salah satunya adalah pemilik akun Ronani Ronye Marli. Ia tampak gembira dengan diluncurkannya fitur aduan tersebut. Ia menilai saat ini sudah saatnya tidak ada praktik pungli di instansi manapun, bahkan untuk sekelas RT sekalipun.

“Hoyeeeeee akhirnya di luncurkan juga linknya. Ayoooo jadi masyarakat yang sadar hukum. Sudah waktunya di hentikan system pungli yang puluhan tahun di nikmati para pejabat maupun para abdi2 negara lainnya. Termasuk para RT and RW dan perangkat2 desa yang zolim,” tulisnya.

Selain itu, pemilik akun Adimas Sulistyo juga mengapresiasi terobosan Presiden Joko Widodo yang satu ini. Ia mengaku jika dirinya sempat malas bayar pajak karena ada upaya dipersulit hingga diminta uang secara paksa oleh pegawai pajak.

“Mantappp pak….rakyat kecil udh pingin taat pajak n mengurus adminitrasi kependudukan tp mlh dipersulit n diperas….udh susah tambah susah lama rakyat muak dng oknum2 penjahat PNS it…. sehat selalu Pak jokowi smg indonesia tambah maju n berkembang ditangan kepemimpinan anda,Aamiin,” tulisnya.

Dan salah satunya yang terakhir adalah pemilik akun Halimatus Sa’diyah. Ia mengatakan jika praktik pungli di Indonesia sudah menjadi rahasia publik. Namun dengan terobosan baru itu, diharapkan mampu menumbuhkan revolusi mental di kalangan birokrasi pemerintahan saat ini dan di masa mendatang.

“Pungli sudah menjadi rahasia umum di Negeri kita Pak, yaa semoga dengan live reportnya Bapak, Polri dan jurnalis di Kemenhub di TV lalu, menjadi awal Revolusi mental yang gaa mentall. Aamiin,” tukasnya. (redaksikota.com/Ist)