Desa Merdeka – Semarang : Warung angkringan Ariesta milik Nur Hadi (45) di Jalan Pamularsih jadi saksi gayeng dan guyubnya dua pasangan calon pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018, Kamis (19/4/2018) malam. Pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen bersama Sudirman Said-Ida Fauziyah nongkrong bareng.

Nur Hadi pun tak menyangka bisa duduk bareng dengan para calon pemimpin Jawa Tengah itu. Bahkan, dia pun ‘dipaksa’ duduk bareng keempatnya. Tepatnya duduk di samping Ganjar Pranowo dan berhadapan langsung dengan Taj Yasin Maimoen. “Enggak ditanya milih siapa kok, yang jelas senang banget lihat para calon pemimpin bisa akur,” katanya lalu tertawa.

Dia pun mengingat seluruh pesanan para kontestan yang akan menjalani debat perdana itu. Ganjar Pranowo habis segelas susu jahe, sebungkus nasi mangut dan kering teri. Kemudian, wakilnya, Gus Yasin menghabiskan segelas susu jahe dengan sebungkus sambel goreng ati dan teri. “Pak Dirman sama Bu Ida juga pesan susu jahe, masing-masing habis dua bungkus nasi tapi lupa apa saja,” ucapnya.

Ya. menjelang debat kandidat cagub yang digelar nanti malam, kedua paslon tampak santai ketika berbincang di angkringan. Tidak ada bahasan berat dalam pertemuan yang berawal dari saling balas di media sosial itu.

Dimulai dari Ganjar yang mengucapkan selamat pada Sudirman yang berulang tahun pada 16 April lalu. Ucapan melalui rekaman video yang diposting di media sosial itu dibalas Sudirman dengan undangan makan bersama.

Ganjar hadir lebih dulu sementara Gus Yasin menyusul. Sang cagub petahana membawa kado berupa karikatur bergambar Ganjar dan Sudirman yang saling mempromokan nomor rival. Ganjar yang bernomor urut satu mengacungkan salam dua jari, sebaliknya Sudirman salam satu jari.

Gambar itu semakin manis dengan tulisan di atasnya “Jateng Gayeng Mukti Bareng”. Frasa itu merupakam gabungan tagline dua paslon “Jateng Gayeng” milik Ganjar Yasin dan “Mbangun Jateng Mukti Bareng” milik Sudirman Ida.

“Ini tadi teman-teman relawan yang nggambar,” kata Ganjar.

“Keren sekali, kok repot-repot to,” sahut Ida.

Ganjar sempat mengabadikan momen kebersamaan itu dengan nge-vlog. Dia mengimbau semua calon dalam pilkada serentak 2018 di Indonesia meniru kerukunan dan keakraban yang ditunjukkan di Jawa Tengah.