Desamerdeka – Cianjur Sebanyak empat desa di Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur hingga kini terjadi kekosongan kepala desa. Keempat desa tersebut yakni Desa Nyalindung, Wangun Jaya, Sukajaya dan Galudra. Jabatan kepala desa tersebut telah habis pada 5 Februari 2015 lalu.
Belum ada penunjukkan pelaksana tugas (Plt) dari Pemkab Cianjur. Padahal usulan untuk pengangkatan Plt sudah disampaikan ke Pemkab Cianjur. “Usulannya sudah disampaikan sekitar sebulan lalu. Tapi sampai saat ini belum ada realisasinya,” kata Ketua Asosiasi Perangkat Desa (Apdesi) Kecamatan Cugenang, Beni Irawan saat dihubungi, Selasa (10/2/2015).

Dikatakan Beni, keempat desa yang saat ini mengalami kekosongan jabatan kepala desa itu saat ini secara tidak langsung pelayanan masyarakat terganggu. Kebijakan yang seharusnya diambil oleh kepala desa, terpaksa dikosongkan.
“Sedikit banyak pelayanan masyarakat terganggu. Kegiatan-kegiatan yang harusnya diambil kepala desa terpaksa harus dikosongkan, kecuali kalau bisa di hendel oleh Sekretaris Desa,” kata Beni.
Pihaknya mendesak agar Pemkab Cianjur segera menunjuk Plt sebelum dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) agar pelayanan masyarakat tidak terganggu. “Kami minta Pemkab segera menunjuk Plt, jangan dibiarkan kosong. Ini sudah terlalu lama, pelayanan masyarakat terganggu lantaran belum adanya kepala desa,” paparnya

Sumber : Pikiranrakyat.com