On Papua 1.1

Desa Merdeka -Ambon . Judul strategy meredam separatis papua merdeka harus dibangun jaringan kolaboratif Maluku, Papua dan gerakan Melanesia yang secara sosiologis anthropologis maupun geografis yang termasuk dalam rumpun Maluku’ Papua’ dan gerakan Melanesia.
Tulisan Elya Muskitta ini diminta kontributor desa merdeka untuk dipublish hari ini 3/8/2017.

”Peperangan” Indonesia dalam menghadapi berbagai tekanan dunia internasional yang berhubungan dengan Papua sudah menjadi momok nasional sejak jaman rejim Soeharto sampai dengan hari ini.
Kenyataannya pelanggaran ham dan kemiskinan merupakan tantangan universal di banyak negara, termasuk negara-negara maju seperti US, China, Australia dll, dan mereka berhasil mengalihkan perhatian dunia. Walaupun demikian kedua isu di atas tidak serta merta hilang dengan sendirinya.

Pertanyaan utamanya ”bagaimana negara-negara besar tersebut bisa mengalihkan perhatian publik internasional atas pelanggaran “ham” dan kemiskinan yang terjadi di wilayah mereka?”

Dokumen terlampir dibuat sebagai alternatif konsep dalam membangun Jaringan Kolaboratif Maluku-Papua sekaligus sebagai upaya dalam meredam Gerakan Separatisme di Papua.
Silahkan di download & dibaca.

Mudah-mudahan bermanfaat.