Roy Halattu layak jadi Sekda Maluku

Roy Halattu layak jadi Sekda Maluku

Ambon-Desamerdeka. Munculnya Drs.R.Halattu M.AP yang telah mendaftar sebagai Calon Sekda Provinsi Maluku,adalah sikap seorang birokrat sejati yang memahami system karier terbuka sesuai aturan dan perundang undangan yaitu UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).Hal tersebut patut kita apresiasi bahwa Undang Undang ASN dapat memberikan nuansa reformasi dibirokrasi dimana para calon akan diseleksi terbuka untuk mendapat seorang pimpinan/Sekda ditingkat Provinsi. UU No 4.menjadi paying hukum atas pengisian dan pergantian jabatan pimpinan tinggi di daerah. Karena itu masyarakat akan menilai sendiri posisi integritas pejabat pembinaan kepegawaian, dan pejabat yang berwewnang dibidang kepegawaian. Reformasi Birokrasi itu sudah ditetapkan melalui Perpres nomor 81 tahun 2010 dan mekanismenya sudah ditetapkan dengan surat Edaran Nomor 16 tahun 2012 . Hal demikian sudah disampaikan kepada semua kementrian/lembaga pemerintah daerah untuk dipedomani dalam pengisian jabatan structural yang dilakukan melalui tahapan pembentukan panitia seleksi instansi yang dipilih secara transparan. Hal tersebut disampaikan oleh Drs.R.Halattu Master Administrasi Pemerintahan disela sela acara makan patita Hut Kota Ambon di Ambon senin 7 September 2015 , yang mendorongnya untuk maju sebagai calon Sekda Maluku. Orangya kalam dalam penampilannya ,bisa dilihat sangat Low Profile alias dibandingkan dengan para kandidat lainnya. Untuk itu semua pejabat dan masyarakat tidak terpikirkan bahwa seorang yang sangat kalam itu dengan tekad dan semangat bulat maju untuk bertarung bersama kandidat lain yang sudah mendaftar.
Dengan sapaan akrab Pa Roy,Kontributor Desamerdeka langsung saja berdialog dengannya tanpa menyebut jabatan akhirnya sebagai Staf Ahli Gubernur Maluku itu menjelaskan bahwa sebagai Aparatur sipil Negara yang sudah makan garam dipemerintahan dengan Golongan terakhir: IV D, berhak mengikuti seleksi Sekda Provinsi Maluku.
Sebagai anak daerah yang telah melaksanakan tanggung jawab Pegawai Negri Sipil dengan jabatan di Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah,seperti : Staf Ahli Gubernur Maluku, Asisten II (dua) Bidang Ekonomi Kabupaten Maluku Tengah, Kadis Perhubungan Maluku Tengah, Kepala Infokom Maluku Tengah, Kasubdin Perhubungan Udara Maluku Tengah, Kepala Lapangan terbang Maluku Tengah Amahai, Kepala Metrology Maluku Tengah. Semua jabatan itu ditekuni sampai menjadi staf ahli Gubernur merupakan perjalanan panjang baginya. Untuk itu semua peryaratan yang diamanatkan Undang-Undang ASN ,telah dimasukan kepada panitia Seleksi .
Menurutnya semua persyaratan administrasi yang telah didaftarkan antara lain : SK Pengangkatan, SK Jabatan terakhir, SPPT,NHKP,KTP, NPWP,Riwayat pekerjaan/Riwayat Hidup, PIM II (spamen),Keterangan Dokter, Ijazah yang dilegaliser.
Dengan semua persyaratan yang dipenuhi ,maka diyakini dalam seleksi administrasi pastinya tidak akan mengalami kesulitan bagi Panitia seleksi menilainya. Dan kalau Tuhan berkenaan , Pa Roy siap menjadi Sekda Maluku untuk bekerja sama Gubernur bersama jajarannya membangun Maluku kedepan dengan baik.Ia bersedia berkompetisi dalam seleksi bersama Calon lai yang sudah mendaftar yaitu : Sam Latuconsina, Sidik Sangaji maupun calon lainnya yang akan mendaftar .(07/09/2015*Chris).