Desa Merdeka – Ambon : Berdasarkan UUD 1945 Bab X A, Hak Azasi Manusia Pasal 28 F , UU RI No.40 Tahun 1999 tentang Pers, Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 butir 10 Hak Tolak adalah hak wartawan karena profesinya, untuk menolak dengan ketentuan umum mengungkapkan nama dan atau identitas lainnya dari sumber berita yang harus serta dirahasiakan nya. Pasal 1 butir 11 hak jawab adalah seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya. Pasal 1 butir 11 Hak koreksi adalah hak setiap orang untuk mengoreksi atau membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.

Pasal 5 ayat 1 Pers Nasional berkewajiban memberitakan peristiwa dan opini dengan menghormati norma-norma agama dan rasa kesusilaan masyarakat serta asa praduga tak bersalah serta Pasal 5 ayat 2 Pers wajib melayani Hak Jawab. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Bab II ASAS dan TUJUAN Pasal 3 Tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan transaksi Elektronik. Pasal 4, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik, BAB III Pasal 5 butir 3 Informasi Elektronik dan/atau dokumen.

Kode Etik Jurnalistik wartawan Indonesia. Bab III Sumber Berita Pasal 10 , tentang Cara sopan dan terhormat memperoleh bahan berita,gambar,atau tulisan dan selalu menyatakan identitas kepada sumber berita, Pasal 11 tentang kesadaran sendiri secepatnya mencabut atau meralat setiap pemberitaan yang ternyata tidak akurat, dan memberi kesempatan hak jawab.