Desa Merdeka, JAKARTA – Rasa cinta terhadap Tanah Air harus terus didengungkan. Mengingat hal tersebut merupakan benteng utama dalam merekatkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Marwan Jafar mengatakan, gerakan cinta Tanah Air harus dimulai dari desa. Dirinya pun meyakini hal tersebut bisa terealisasi bila dilakukan bersama-sama.

“Inilah sebabnya, kita harus menggaungkan cinta NKRI baik secara fisik maupun ideologi ke desa-desa. Gerakan ideologis cinta NKRI harus dimulai dari desa-desa. Saya sangat yakin ini bisa dilakukan,” kata Marwan, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/1/2016).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI, saat ini pihaknya terus bergerak membangun desa bersama NU. Dirinya pun memahami bahwa Islam Nusantara sangat efektif untuk menanamkan nilai-nila Pancasila terhadap masyarakat di desa.

Apalagi, sambungnya, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan serius dengan bermunculan berbagai ideologi yang melenceng dari semangat NKRI dan Pancasila.

“Gerakan ideologi di luar Pancasila tersebut, muncul dari kesalahan persepsi dalam memaknai,” ujarnya.

Menurut Marwan, jangan sampai globalisasi dan pemahaman ideologi yang melenceng kian menggerus rasa cinta Tanah Air. Sehingga, refleksi makna Pancasila dan NKRI mesti terus didengungkan di desa-desa. “Jangan sampai globalisasi membuat kecintaan pada Tanah Air tergerus,” pungkasnya.