Desa Merdeka – Minut : Di desa yang dipimpin oleh Fredriek Sumakud, SE selaku Hukum Tua Desa Mapanget Kecamatan Tbalawaaan, Minut- Sulut; telah digelar Operasi Trantibum di rumah-rumah kontrakan dan kos-kosan yang ada di wilayah Desa Mapanget Kecamatan Talawaaan.

Kegiatan yang dimulai pukul 17.00 dan betakhir pukul 02.00 waktu setempat ini; berjalan lancar, tertib dan terarah, dengan dikomandoi langsung oleh Camat Talawaan Johan Wewengkang,S.Sos. M.Kes dan Pimpinan Kecamatan Talawaan (Camat Talawaan, Danramil dan Kapolsek Dimembe/Talawaan) bersama .

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan beberapa kali secara rutin dan kontinue serta khusus hari ini operasi trantibum dilaksanakan secara besar-besar bersama Pimpinan Kecamatan dan Aparat gabungan TNI/POLRI” kata Sumakud saat ditemui Jurnalis desa Merdeka Sulut.

Selain pimpinan Kecamatan hadir pula, Pelaksana Seksi Pemerintahan dan Trantibum Ktr. Kec. Talawaaan serta hadir Wakapolsek Dimembe, Babinsa Mapanget, dan Babinsa Kolongan, serta Perangkat Desa dan Linmas Desa Mapanget bahkan Kepala Bumdes Desa Mapanget sebagai Bankom Adat Desa.

Dalam pelaksanaannya, ketika Tim menemui salah satu warga yang terjaring operasi dan ditanya oleh pelaksana Seksi Pemerintahan dan Trantibum Ktr. Kec.Talawaaan yang saat itu didampingi aparat gabungan TNI/POLRI serta Perangkat Desa dan Linmas Desa Mapanget; yang bersangkutan ternyata sama sekali tidak mengenal Kepala Jaga dan Meweteng bahkan tidak tahu dimana lokasi Kantor Desa.

Berkenaan dengan hal ini ketika laporan ini dikonfirmasi kepada Kepala Jaga dan Meweteng, jawaban yang diterima adalah, karena pelaporan kedatangan warga dimaksud hanya secara kolektif melalui kerabat mereka. Banyak juga temuan lain seperti warga pendatang yang tidak melaporkan kedatangannya atau sudah melapor tetapi tanpa dokumen resmi kependudukannya.

Selain itu, Tim juga menemukan adanya keberadaan warga pendatang yang masih menggunakan KTP lama (bukan E-KTP), atau E-KTP yang sudah tidak jelas pas foto dan ada lagi KTP dititip pada salah satu anggota keluarganya; Camat dan anggota Tim bergantian menghimbau warga diatas, agar dapat melaporkan diri besok di Kantor Desa dengan diantar Kepala Jaga atau Meweteng wilayah domisili tinggal.

Dalam kesempatan ini Camat Talawaan menginstruksikan kepada Hukum Tua untuk mengaktifkan kembali sistim kamtibnas dan terutama beliau menekankan tentang kewajiban untuk melaporkan diri 1×24 jam bagi pendatang dan pentingnya memiliki E-KTP bagi semua warga.

“Kedepan sangat dirasa perlu adanya evaluasi dan koordinasi internal Pemerintah Desa setempat dengan semua pihak berkenaan dengan masalah diatas, dimana sosialisasi dan pembinaan kepada seluruh warga berkenaan dengan Peraturan administrasi kependudukan, sangatlah penting” tutur Camat Talawaan (FHM