Desa Merdeka – Papua : Gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang Kepulauan Yapen, Papua, pada Senin (5/3/2018) pukul 03.40 WIB. Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di titik koordinat 1.73 Lintang Selatan dan 135.81 Bujur Timur.

Sementara titik gempa berada di 40 km barat laut Kepulauan Yapen, Papua dengan kedalaman 10 km. Hingga kini belum diketahui apakah ada korban jiwa dan bangunan yang rusak dari gempa tersebut.

Selain Kepulauan Yapen Papua, wilayah Papua Nugini juga diguncang gempa berkekuatan 6 SR pada dini hari tadi, menurut laporan badan meteorologi Amerika, US Geological Survey (USGS).

Pusat gempa dilaporkan berada pada jarak 112 km barat daya Porgera, dan berada pada kedalaman sekitar 10 km.

Gempa ini terjadi seminggu setelah gempa berkekuatan lebih dari 7 SR di Papua Nugini yang merusakkan bangunan dan fasilitas umum.

Bahkan, sebagian aktivitas penambangan minyak dan gas dihentikan operasinya karena terdampak gempa tersebut. Belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban akibat aktivitas alam tersebut.

Sumber : Tirto.id