Desa Merdeka – Palembang : Light Rail Transit (LRT) akan menjadi sarana transportasi kebanggaan baru bagi masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), khususnya di Kota Palembang.

Terlebih, kereta ringan itu diproyeksikan sebagai transportasi alternatif untuk mengatasi kemacetan yang kian menghantui masyarakat.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, Palembang merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki LRT. Di mana LRT Sumsel, kata Alex, dijadwalkan akan beroperasi Juli 2018.

“Sumsel menjadi yang pertama di Indonesia ada LRT, perjuangannya tidak mudah,” ujar Alex, saat serah terima Transet LRT di Pelabuhan Boom Baru, Jumat (20/4/2019) petang.

Menurutnya, LRT merupakan salah satu upaya Sumsel dalam persiapan Asian Games yang akan digelar Agustus 2018 mendatang. “Alhamdulillah tak lama akan beroperasi. Insya Allah sebelum Asian Games ini,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, LRT di Palembang saat ini menjadi percontohan masyarakat perkotaan.

“LRT Sumsel jadi gaya hidup perkotaan. Ini menjadi percontohan. Kalau tidak naik kereta pusing kepala,” ungkap Budi yang turut hadir dalam serah terima tersebut.

Budi menjelaskan, selain sebagai persiapan Asian Games, LRT ini juga merupakan langkah untuk mengatasi kemacetan.

“Kota lain macet dulu baru fasilitas disiapkan. Nah, transportasi Palembang disiapkan dulu sebelum terjadinya kemacetan,” ujarnya.

Dia berharap, transportasi modern itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Tarifnya nanti kita upayakan semurah-murahnya. Bisa Rp5 ribu,” tegasnya.

Untuk diketahui, LRT sendiri akan melalui jalur sepanjang 23,4 kilometer dan melintasi beberapa wilayah di Palembang mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang hingga berakhir di Jakabaring Sport City.

 

 

Sumber : SindoNews