Desa Merdeka – Ambon : Benteng Ferangi Ambon adalah sebuah benteng yang di bangun pada masa Penjajahan oleh Bangsa Portugis pada tahun 1575. Sebutan lain untuk Benteng ini adalah benteng Kota Laha atau benteng Victoria. Benteng Ferangi dibangun sebagai pusat pemerintahan oleh bangsa Portugis kala itu. Selain itu, bangunan ini juga dijadikan tempat untuk menimbun rempah rempah yang ada ada Kawasan Indonesia Timur.

Wisata Benteng Ferangi Ambon

Tepat di pintu masuk Benteng terdapat sejumlah meriam dengan ukuran yang sangat besar. Benteng Ferangi Ambon ini adalah salah satu tempat destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Ambon. Karena selain dapat melihat lihat keunikan bangunan nya, wisatawan juga dapat belajar sejarah kedatangan bangsa Portugis ke Ambon.

Di dalam Benteng Ferangi Ambon ini terdapat banyak sekali benda benda peninggalan Portugis dan Belanda. Setiap wisatawan yang berkunjung ke benteng ini juga berkesempatan mengetahui peta perkembangan Kota Ambon dari jaman dulu hingga sekarang. Banyak sekali perubahan yang terjadi, baik dari segi ekonomi, pergantian budaya barat yang berangsur hilang, dan lain lain.

Sejarah Benteng Ferangi Ambon

Benteng Ferangi adalah salah satu saksi cikal bakal terbentuknya Kota Ambon. Sejak ditinggalkan oleh Belanda dan Portugis, sedikit demi sedikit masyarakat mulai menempati sekeliling bangunan tua ini secara berkelompok. Dan kelompok kelompok masyarakat yang mendiami sekeliling benteng tersebut pun menamai kelompoknya masing masing dengan berbeda beda nama. Nama nama kelompok yang mendiami sekitar Benteng Ferangi antara lain;

  • Soa Kilang
  • Soa Ema
  • Soa Silale
  • Urimessing
  • Hative
  • Dll

Kelompok kelompok Masyarakat tersebut pada akhirnya berkembang secara “Ginekologis Teritorial” dengan teratur.    Dan hingga saat ini, tahun 1575 ini dijadikan sebagai tahun lahir nya Kota Ambon. Dan sejak tahun 1921 masyarakat Ambon oleh pihak kolonial diberi persamaan hak. Dari sinilah masyarakat Ambon mulai berperan dalam politik. Dan masa masa ini adalah momen dimana keolengan politik kolonial dan Masyarakat Ambon mulai mendominasi politik di pemerintahan. Dan sejak peristiwa tersebut, pada tanggal 7 September di tetapkan sebagai tanggal kelahiran Kota Ambon.

Lokasi Benteng Ferangi Ambon

Jika anda tertarik dan ingin datang ke Benteng Ferangi Ambon ini, anda tidak perlu khawatir akan lokasinya, karena sangat mudah untuk ditemukan. Lokasi Benteng Ferangi hanya 300 m dari pusat Kota Ambon. Berita bagus untuk anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, yaitu tiket masuk nya gratis tis tis…!

Silahkan ajak keluarga atau kerabat anda untuk menilik sejarah masa lalu Kota Ambon dengan mengunjungi salah satu “Heritage” Kota Ambon, yaitu Benteng Ferangi Ambon.

Kalau kamu suka artikel ini, berarti kamu juga suka artikel yang ini..