Desa Merdeka – Bengkulu : Pengembangan sektor pertanian dan pariwisata di Bengkulu Tengah, saat ini sangat berpeluang untuk dimanfaatkan setiap desa dengan harapan mendatangkan pendapatan asli desa, dengan jalan pengelolaannya melalui Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes.

Hal ini terungkap dalam bimbingan teknis di aula Hotel Burza Yogyakarta, yang diikuti sebanyak 72 Kepala Desa Bengkulu Tengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bimbingan teknis ini, mengambil tema Membangun Desa Dalam Rangka Memperkuat Ekonomi Negara, dengan pengisi materi langsung dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Dalam pengembangan Bumdes, setiap desa dapat menganggarkan modal dari Dana Desa. Dengan demikian, Dana Desa saat ini tidak hanya melakukan pembangunan fisik, tapi sudah mulai diarahkan kepada pengembangan modal dari pembentukan Bumdes.

Beberapa desa di kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah, seperti desa Pekik Nyaring, desa Pasar Pedati, desa Pondok Kelapa dan desa Padang Betuah, dinilai bisa mengembangkan Bumdes dari sektor pariwisata, tidak terkecuali desa – desa yang memiliki pesona alam air terjun.

Sedangkan desa – desa pedalaman lebih ke sektor pertanian, mengingat banyaknya petani karet maupun petani sawit. (rbtv.co.id)

Foto : Para Kepala Desa se-Bengkulu Tengah saat mengikuti Bimtek di Yogyakarta pada Sabtu (15/10) pagi.