Desa Merdeka – Kotabaru :┬áKepala desa beserta aparatur Desa Sebatung, warga dan ketua rukun tetangga (RT), Desa Sebatung, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kotabaru akan melakukan aksi demo. Aksi unjuk rasa direncanakan usai lebaran terkait tidak cairnya dana operasional desa.

Tidak cairnya anggaran dana desa (ADD) selama dua tahun berturut-turut (2015 dan 2016), menyulut reaksi aparatur desa dan warga.

Unjuk rasa akan dilakukan ke kantor bupati, bila tidak ada kejelasan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terkait ADD tersebut.

Kades Sebatung Awaludin, mengakui pihaknya dan warga, ketua RT desa Sebatung ada rencana melakukan unjuk rasa ke kantor bupati.

“Benar. Bila tidak ada kepastian pencairan ADD kami habis Lebaran akan demo,” tegas Awaludin, kemarin.

Menurut Awaludin, sebagai pejabat kades yang baru dilantik pada 30 Mei 2016 lalu, saat ini tidak bisa melaksanakan kegiatan apapun apabila dana operasional (ADD) tersebut, khususnya ADD tahun 2016 yang hingga sekarang belum dicairkan.

“Harusnya bulan ini (Juni) sudah cair. Tapi karena belum cair ya tidak ada yang bisa kami laksanakan. Apalagi aku kan baru dilantik. Jadi belum tahu apa-apa,” katanya. |Banjarmasin Post|