Desa Merdeka – Purworejo : Siang hari pukul 11.00 WIB. Kebakaran terjadi di Desa Taman Sari Kecamatan Butuh Melahap pabrik Daur ulang plastik polipropilen. Menurut Wahyu HIDAYAT salah satu perusahaan api Melahap dari arah barat.
Api Melahap bangunan yang berisi bahan olahan plastik bekas dan mesin penggiling plastik. Beberapa orang berkerumun di dekat bangunan yang merupakan bekas bangunan peternakan sapi yang dimanfaatkan untuk pengolahan plastik ekspor ke Malaysia dan RRC.

Awi Zen juga termasuk pemilik saham pabrik sedikit kaget,namun Awi dan Wahyu Hidayat, berusaha agar api tidak Melahap bagian barat dan utara pabrik. Salah satu pengusaha plastik yang tinggal di lokasi pabrik kebetulan sedang meninggalkan rumah karena sedang melakukan wisata sekeluarga.

Kerugian diperkirakan plastik bahan 11 ton setara dengan 55 juta rupiah. Bangunan dengan seharga 100 juta dan disel serta mesin pengolahan seharga 50 juta. Kebakaran tidak mengakibatkan kebakaran.
Perusahaan yang sudah berjalan tepat satu tahun ini saat ini sedang dibenahi untuk beroperasi kembali.

Pabrik yang merupakan kreasi Santri Pondok Pesantren Pandu Dewa Taman Sari Kecamatan Butuh kabupaten Purworejo ini adalah untuk menciptakan lapangan kerja warga sekitar dan digunakan untuk meningkatkan kreatifitas terutama mengolah limbah plastik padat yang sudah mampu merambah ekspor. Sebagai bentuk ekonomi kreatif Usaha Kecil Mikro dan Menengah.

Program pengolahan limbah yang merupakan Zero waste program ini telah menciptakan lapangan kerja sampai desa Rowodadi Kecamatan Grabag dan sekitarnya. Beberapa usaha perbaikan dilakukan dengan gotong royong.

Penulis :
Dumadi Tri Restiyanto