Desa Merdeka – Jakarta : Menjelang acara Santunan Yatim Piatu dan Sembako Buat Anak Ojol, Sekretariat Garda Peduli Aksi Sosial Akbar di Grand Cakung, Jakarta Timur yang rencana diadakan pada Sabtu 26/5/2018 memenuhi kantor Sekretariat GARDA di Jalan Kodam Raya, Sumur Batu,Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sekjen TEKAB Didin Prasetyo, Senin (21/5) pagi mengatakan penjualan PIN Garda merupakan salah satu sumber dana yang mereka kumpulkan.

“Namun kami juga mencari sumber dana yang sah lain, seperti permohonan bantuan ke pihak pemerintahan dan swasta yang berpihak dan peduli kepada komunitas kami, para ojek on-line (ojol),” Jelas Fidin.

Diperkirakan lebih 5.000an massa yang akan hadir di Grand Cakung. Estimasi ini dapat dihitung dari 222 group whatsapp Ojol dengan rata-rata beranggotakan 100 orang. Artinya, dari 22.200 orang anggota group andai datang 10% saja, maka akan datang 2.220 orang.

“Minimalis datang 30% saja, maka Grand Cakung akan dipadati 6.660 pengemudi ojol. Tentu mereka datang tidak sekaligus, tetapi bergelombang. Sehingga Grand Cakung akan ramai oleh simpatisan acara sosial tersebut.” Kata Penanggung Jawab Yayasan Bintang Jasa, Ari Nurprianto SH. Yayasan Bintang Jasa adalah sebagai penanggung jawab kegiatan sosial setiap aksi ojol.

Tim Khusus Anti Begal (TEKAB) merupakan motor pemersatu para ojek online yang memiliki ratusan komunitas di Jakarta.

Menurut Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum, Suta Widhya SH komunitas ojol mengarahkan para anggotanya untuk bersikap tertib lalu-lintas di jalan. Selain itu pembinaan mental spiritual dianjurkan dengan mengadakan pengajian-pengajian di tempat komunitas masing-masing.

“Masih banyak aktivitas kami dalam hal Kamtibmas. Untuk ini Aksi Sosial santunan dilakukan di Grand Cakung, dimana tempat tersebut sudah lama ditawarkan pihak management kepada kami,” Tutup Suta.