Desa Merdeka РPalembang : Pembangunan stasiun Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan mengalami kemajuan pesat. Saat ini, progres pengerjaan 13 stasiun LRT tersebut saat ini sudah mencapai 90%.

Kendati begitu, rupanya masih ada beberapa stasiun yang mengalami kendala. Hal itu lantaran pembebasan lahan yang akan dibangun untuk akses jalan naik dan turun penumpang, belum rampung.

“Progresnya ada yang hampir 90% , ada juga yang baru 80% karena terkendala pembebasan lahan,” kata Kepala Proyek LRT Palembang, Masudi Jauhari, saat dihubungi, Senin (7/3/2018).

Dia mengatakan, stasiun yang masih terkendala lahan yakni Stasiun Asrama Haji, stasiun Telkom, Stasiun Demang Lebar Daun dan stasiun Pasar Cinde. Jika sampai stasiun selesai pembebasan lahan tersebut belum rampung, maka akses menuju stasiun terancam akan berada di satu sisi saja.”Kami akan usahakan semua stasiun dapat beroperasi saat Asian Games,” tegasnya.

Sementara itu, secara keseluruhan Masudi menjelaskan, progres proyek LRT ini saat ini akan masuk dalam tahap tes kelistrikan mulai dari Dipo yang berada di Jalan Gubernur HA Bastari sampai ke stasiun Polresta Palembang. Jalur yang dilakukan tes kelistrikan itu nantinya akan dijadikan jalur ujicoba train set yang akan tiba pada pertengahan Maret 2018 mendatang,

“Rencananya ujicoba akan dilakukan selama dua bulan, April hingga Juni 2018. Kita ingin memastikan LRT ini layak digunakan saat Asian Games nanti,” tandasnya.

Sumber : SindoNews