Desa Merdeka – Kudus : Desa wisata Colo Kudus merupakan sebagai salah satu rintisan desa wisata yang mulai dirintis yaitu pada tahun 2012, yaitu bersamaan dengan 10 desa wisata yang lainnya yang ada di kabupaten kudus. Potensinya yaitu mulai dari religi, kemudian budaya, alam, kuliner, kesenian dan banyak lagi yang launnya.

Berbicara mengenai kudus memang ini merupakan sebuah kota yang banyak menyimpan potensi wisata yang memang tidak ada habisnya. Di dalam satu daerah yang ada di Kudus tersebut Anda bisa menemukan untuk beberapa obyek wisata. Objek wisata tersebut memang lokasinya berdekatan dari satu dengan tempat wisata yang lainnya.

Di desa wisata colo ini Anda bukan hanya menemukan wisata religi atau berziarah saja, akan tetapi ketika Anda disini Anda bisa menikmati pesona dari pada desa wisata colo tersebut dengan melakukan perjalanan untuk menikmati indahnya pegunungan dari muria dan sambil menyusuri kebun kopi yang sudah ada semenjak dari zaman belanda yaitu pada abad ke 18.

Memang tidak di pungkiri di zaman era modern tersebut yang penuh dengan persaingan seperti yang ada pada saat ini , menjadikan seorang individu yang penuh dengan rutinitas yang cukup membosankan serta juga dengan tingkat stress yang tinggi. Keindahan dan juga kesejukan untuk alam pegunungan, kemudian juga dengan ketenangan jiwa ketika mendengarkan musik tradisional ataupun nyanyian burung menjadi salah satu pengalaman yang sangat langka dan mahal tidak kita temukan di tempat yang lainnya.

Lokasi Obyek Wisata Desa Wisata Colo Kudus

Wisata Colo ini memiliki lokasi berada di pegunungan Muria yaitu tepatnya pada desa Colo, di kecamatan Dawe. Nah disini juga memiliki Taman Ria Colo yang memang tidaklah jauh dari Graha muria. Ini memiliki tempat berada di depan Graha Muria yang terpisah oleh jalan raya menuju makam sunan muria. Di tempat ini memang cukup luas serta sangat cocok jika Anda gunakan untuk wisata dengan keluarga.

Di obyek wisata Colo ini juga terdapat beberapa tempat yang bisa untuk Anda kunjungi. Diantaranya yaitu wisata religi seperti yang saya sebutkan tadi yaitu ada di Makam Sunan Muria. Makam ini bisa untuk Anda tempuh dengan berjalan kaki menyusuri ada sekitar 700 anak tangga. Kemudian setelah Anda memasuki pintu gerbang yang berdekatan dengan tempat untuk penitipan kendaraan.

Bisa juga Anda berkunjung ke air terjun motel yang memang lokasinya dekat dengan makam, untuk sampai ke motel ini jika Anda berjalan kaki maka menghabiskan waktu selama 30 menit dari makam sunan muria.

Bukan hanya bisa melihat kecantikan potensi alam yang dimilikinya, akan tetapi pengunjung juga bisa mempelajari budaya masyarakat setempat, yaitu Anda sebagai pengunjung bisa untuk belajar dalam membatik dengan di bantu oleh instruktur yang sudah cukup professional.

Kuliner Khas Desa Wisata Colo Kudus

Kini untuk Anda yang gemar untuk kuliner, disana Anda bisa mencoba kuliner yang khas dari sana yaitu pecel pakis. Kemudian Anda akan lebih bisa menikmatinya dengan secangkir kopi yang khas dari gunung muria. Pastinya anda akan merasakan sensasi yang berbeda saat disana.

Penginapan Desa Wisata Colo Kudus

Untuk waktu satu hari memang tidaklah cukup Anda gunakan dalam menjelajahi Desa Wisata Colo Kudus ini. Untuk para wisatawan yang menginginkan melanjutkan perjalanan mengeksplorasi keunikan dan juga pesona Colo atau menikmati bermalam disana, maka Anda bisa bermalam di hotel Graha muria atau juga bisa di Homestay setempat.

Kalau Anda ingin suasana yang lebih menantang dengan adanya suasana hutan, Anda bisa berkemah berada di Camping Ground. Di objek wisata tersebut memang sudah tersedia lengkap dengan adanya fasilitas outdoor game dan outbound.

Nah pastinya Anda yang berwisata di Desa wisata Colo Kudus akan sangat merasa puas dengan sajian keindahan alam yang dimilikinya. Serta puas dengan berbagai wisata kuliner khas an nya.

Sumber : Lihat.co