Desa Merdeka – Sukabumi : Pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak di 70 desa yang ada di Kabupaten Sukabumi, berlangsung pada Ahad (8/5). Momen pilkades yang digelar serentak ini baru pertama kali dilakukan di Sukabumi.

“Ada 70 desa dari 36 kecamatan yang menggelar pillkades serentak,’’ kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa,  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD)  Kabupaten Sukabumi, Yudi Mulyadi kepada wartawan, Ahad ini.

Total jumlah desa di Sukabumi mencapai 381 yang tersebar di 47 kecamatan.Menurut Yudi, jumlah calon kepala desa yang memperebutkan kursi kades sebanyak 290 orang. Awalnya, jumlah warga yang mendaftar menjadi peserta pilkades mencapai sebanyak 323 orang. Namun jumlah peserta mengalami penurunan berdasarkan proses seleksi yang dilakukan tim panitia seleksi.

Biaya penyelenggaraan pilkades ini ungkap Yudi, dibebankan pada APBD Kabupaten Sukabumi. Dana yang dikucurkan mencapai Rp 3,2 miliar. Ia berharap pilkades ini bisa berjalan dengan lancar dan melahirkan pemimpin yang amanah dan berkualitas dalam mengabdi kepada masyarakat.

Salah satu kecamatan yang menggelar pilkades adalah Cicurug. ‘’ Warga berharap pilkades melahirkan pemimpun yang jujur dan amanah.’’ Terang salah seorang warga Desa Tenjolaya, Cicurug Imon (45 tahun).Menurut dia, antusias warga untuk memilih calon kades cukup tinggi. Menurut dia, sosialisasi pilkades sudah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir. |ROL|