Desa Merdeka – Bengkulu : Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan, dari 1.800 desa/kelurahan yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Bengkulu, baru berdiri sebanyak 600 puskesdes. Kemudian, 9 kecamatan di Bumi Rafflesia ini juga belum berdiri puskesmas untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat setempat.

Ridwan menambahkan, Pemprov Bengkulu di tahun 2017 fokus dengan pengentasan kemiskinan dan ketertinggalan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan. Ridwan menargetkan tidak ada lagi kecamatan yang tak punya puskesmas. Targetnya adalah 1.200 puskesdes yang tersebar di 1.800 desa/kelurahan di Bengkulu.

“Agar tenaga kesehatan seperti dokter dan bidan tidak menumpuk di Kota Bengkulu,” kata Ridwan, Sabtu (22/10/2016).

Selain itu, lanjut Ridwan, dirinya telah menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu agar membentuk Crisis Center untuk menanggapi keluhan dan pelayanan kesehatan.

”Intinya kita ingin masyarakat sehat,” ungkap Ridwan.

Sementara untuk pengawasan, Ridwan mengusulkan Dinkes untuk masuk ke e-Government, sehingga pelayanan tenaga kesehatan, stok obat, penggunaan fasilitas kesehatan, dan operasional  puskesmas dan puskesdes dapat diawasi.

”Dengan pengawasan yang optimal maka konsep perencanaan program dan praktiknya akan sejalan,” pungkas Ridwan. (okezone.com/Ist)